Monday, February 1, 2016

BEDAH KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SD INDIKATOR 1-10 IPA

BEDAH KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SD
INDIKATOR 1-10
IPA

Indikator 1 : mengidentifikasi ciri-ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.

1. Tumbuhan putri malu memiliki ciri khusus berupa batangnya yang berduri. Batang yang berduri tersebut berfungsi untuk …
a. Menyimpan cadangan makanan 
b. Mempertahankan diri dari gangguan musuhnya
c. Mempercepat proses penguapan
d. Menyimpan air

2. Tumbuhan kantong semar hidup di daerah rawa yang miskin nitrogen. Berdasarkan kondisi ini, kantong semar memiliki cairan yang terdapat di kantong daun. Cairan tersebut berfungsi untuk …


a. Mencerna serangga yang terperangkat di dalamnya
b. Persediaan air pada saat musim kering
c. Menangkap energy cahaya matahari
d. Mengusir musuh yang mendekat

Indikator 2. Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut
  
3. Bentuk paruh burung kolibri adalah …
a. Melengkung                c. Runcing dan melengkung 
b. Panjang dan runcing d. Runcing 

4. Bentuk kaki pada hewan ini berfungsi untuk …

a. Berpegangan pada batang pohon
b. Berenang 
c. Mencengkeram mangsa
d. Mengais makanan di tanah

Indikator 3. Menentukan dasar pengelompokan hewan

5. Ayam, tikus, kera. Dan babi dapat di golongkan dalam satu kelompok berdasarkan …
a. Jenis makanannya
b. Cara melindungi diri
c. Cara berkembang biak
d. Alat geraknya

6. Kelelawar, sapi, anjing laut dikelompokkan dalam kelompok A. ikan, ular, trenggiling di kelompokkan ke dalam kelompok B. pengelompokkan hewan-hewan tersebut menjadi kelompok A dan B berdasarkan …
a. Cara perkembangbiakannya
b. Alat geraknya
c. Tempat hidupnya
d. Penutup tubuhnya

Indikator 4. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar

7. Berdasarkan jenis makanannya, hewan dibawah termasuk dalam golongan …

a. Karnivora 
b. Herbivora 
c. Omnivore
d. Insektivora

8. Berdasarkan jenis makanannya, hewan dibawah termasuk dalam golongan …

a. Karnivora 
b. Herbivora
c. Omnivore
d. Insektivora

Indikator 5. Menunjukan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
9.
No
Jenis Makanan
1
Ikan
2
Lebah
3
Madu
4
Apel
Sumber makanan beruang adalah …
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4

10. Perhatikan tabel di bawah ini!
No
Nama Hewan
Jenis Makanan
1.
Kenari
Buah-buahan
2.
Salamander
Daging
3
Musang
Rumput
4.
Musang
Madu
Pasangan nama hewan dan jenis makanan yang benar ditunjukkan nomor …
a. 1 dan 2 c. 2 dan 3 
b. 1 dan 3 d. 2 dan 4 

Indikator 6. Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu.

11. Rantai makanan dalam komunitas sawah yang benar adalah …
a. Jagung – tomcat (semut semai) – burung – pengurai
b. Semangka – ulat – tomcat (semut semai) – tikus – pengurai
c. Timun – tomcat (semut semai) – tikus – ular – pengurai 
d. Padi – wereng – tomcat (semut semai) – burung – pengurai

12. Rantai makanan yang mungkin terjadi di ekosistem danau adalah … 
a. Fitoplankton – zooplankton – udang – ikan kecil – ikan besar 
b. Rumput – udang – siput – ikan kecil – ikan besar 
c. Zooplankton – fitoplankton – udang – ikan kecil – ikan besar
d. Lumut – udang – kepiting – ikan kecil – ikan besar

Indikator 7. Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.

13. tanaman tomat - ulat - ayam - ……. – ular
Hewan yang dapat menduduki titik-titik di atas sehingga membentuk rantai makanan adalah ...
a. singa
b. Badak bercula satu
c. kelinci 
d. Musang

14. padi – wereng - …….. - burung - ular – elang
Hewan yang dapat menduduki titik-titik di atas sehingga membentuk rantai makanan adalah ...
a. singa 
b. Tomcat
c. kelinci 
d. Musang


Indikator 8. Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar.

15. Peran belalang pada ekosistem kebun diatas adalah …
a. Produsen
b. Konsumen I
c. Konsumen II
d. Konsumen III



16. Pada jaring-jaring makanan diatas, ular berperan sebagai …
a. Konsumen II
b. Konsumen I
c. Konsumen IV
d. Konsumen III

Indikator 9. Mempredisksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat.

17. Jika tikus di sawah berkembang pesat maka kemungkinan terjadi ....
a. tanaman padi semakin subur 
b. tanaman padi bertambah banyak 
c. ular sawah berkembang pesat 
d. ular sawah berpindah tempat

18. hal yang mungkin terjadi terhadap hasil panen petani jika populasi ular sawah menurun adalah ….
a. Tetap
b. Menurun
c. Meningkat
d. Meningkat kemudian menurun

Indikator 10. Memberikan contoh hubungan yang erat antar makhluk hidup (simbiosis).

19. Contoh hubungan antara dua makhluk hidup yang termasuk simbiosis komensalisme adalah …
a. Burung jalak dengan kerbau
b. Benalu dengan pohon manga 
c. Ikan remora dengan ikan hiu
d. Kupu-kupu dengan bunga

20. Bentuk hubungan yang terjadi antara benalu dengan pohon rambutan sama dengan bentuk hubungan yang terjadi antara …
a. Tumbuhan paku dengan pohon mangga
b. Cacing kremi dengan manusia
c. Kupu-kupu dengan tanaman bunga
d. Burung jalak dengan kerbau 

No comments:

Post a Comment